Home / Tutorial Komputer Lainnya / Cara Memilih Laptop Untuk Kerja (Berkualitas + Harga Rendah)
cara memilih laptop

Cara Memilih Laptop Untuk Kerja (Berkualitas + Harga Rendah)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Bagi para pekerja atau karyawan, kebutuhan laptop saat ini sudah jadi hal yang sangat wajib. Karena kebutuhan pekerjaan yang cukup banyak, sehingga jauh lebih praktis apabila memiliki laptop sendiri.

Masalahnya, tidak semua kantor memfasilitasi pekerjanya dengan laptop, dan tidak semua orang memiliki uang yang cukup banyak untuk memilih laptop sesuai kriteria yang diinginkan.

Salah-salah, laptop yang dibeli malah sia-sia, karena spesifikasi yang dipakai tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Untuk itulah kita perlu cerdas dalam memilih kriteria laptop yang dipakai dengan biaya yang ada.

Untuk para pekerja sendiri, asumsi saya sekitar 70% akan dipakai untuk kebutuhan ngetik (Office Word), browsing, excel, serta aplikasi-aplikasi lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Yang artinya, kriteria spesifikasi yang diperlukan tidak begitu tinggi. Dan biaya yang dikeluarkan juga bisa ditekan lebih jauh, kalau anda bisa memilih laptopnya dengan pas.

Dan disini saya akan membantu anda untuk memilih laptop sesuai dengan kriteria pekerjaan anda, yang semoga penjelasannya bisa dipahami.

Berikut Cara Memilih Laptop Untuk Kerja Berkualitas Dengan Harga Rendah:

1. Perhatikan budget anda

Budget adalah hal penting pertama yang harus diperhatikan. Untuk kebutuhan ngetik, browsing, excel atau kebutuhan sejenis, setidaknya paling sedikit anda harus menyiapkan budget sekitar 3.5 juta rupiah.

Budget tersebut, bagi saya pribadi adalah harga terendah untuk bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi optimal untuk kebutuhan diatas.

Dan bagi kebanyakan orang juga harga tersebut relatif rendah untuk sebuah laptop. Karena biasanya, kebanyakan orang membeli laptop di kisaran 4 sampai 6 juta rupiah untuk kebutuhan kantoran.

Budget anda kurang?

Tidak masalah, sebenarnya anda masih bisa membeli laptop baru dibawah 3.5 juta rupiah, tapi spesifikasi yang didapat tentu dirasa kurang pas untuk kebutuhan kantoran.

Solusinya, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli laptop bekas tentunya yang masih berfungsi dengan baik.

Tidak perlu gengsi memakai laptop bekas. Karena kalau masih berfungsi dengan baik, bahkan laptop bekas bisa jauh lebih baik dibanding laptop baru yang harganya lebih mahal.

2. Perhatikan kebutuhan pekerjaan anda

Sebelumnya, saya bilang bahwa 70% laptop akan digunakan paling untuk browsing, mengetik, excel dan aplikasi-aplikasi lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Karena itu, saya memasang harga minimal 3.5 juta rupiah agar mendapatkan kriteria yang optimal.

Tapi, ini juga tergantung pekerjaan apa yang anda miliki.

Kalau pekerjaan anda memiliki kebutuhan editing (foto/video) atau kebutuhan berat lainnya maka mau tidak mau anda harus menaikkan budget anda lagi.

Untuk kebutuhan editing, minimal 4.5 juta (baru) atau 3.5 juta (bekas) supaya optimal.

Jika pekerjaan anda standar-standar saja, anda bisa melewati poin ini.

3. Perhatikan spesifikasi

Untuk asumsi kebutuhan standar, anda tidak perlu pusing memikirkan spesifikasi-spesifikasi laptop yang ingin dibeli. Karena pada dasarnya, laptop-laptop baru sekarang sudah cukup spesifikasinya untuk sekadar kebutuhan standar.

Tentunya berlaku juga untuk laptop bekas.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anda lebih nyaman saat menjalani suatu pekerjaan di laptop anda nantinya, yaitu:

a. Perhatikan layar

Untuk kenyamanan pekerjaan, idealnya berada di 14 inch. Ukuran layar juga akan mempengaruhi dimensi laptop, sehingga semakin besar layar, semakin besar juga laptopnya.

Ukuran layar akan berpengaruh dengan kenyamanan mata. Semakin besar layar, semakin nyaman pula mata.

Sedangkan dimensi laptop, akan berpengaruh terhadap mobilitas nantinya. Contoh mudahnya, tas akan terlalu penuh apabila laptop yang dimasukkan terlalu besar.

b. Perhatikan baterai

Bagi para pekerja yang banyak juga sering di luar ruangan, baterai juga menjadi hal yang penting. Jangan sampai baterai anda habis dan pekerjaan anda tertunda ketika sedang mengerjakan sesuatu.

Untuk baterai laptop, semakin besar kapasitasnya semakin baik. Tapi untuk kebutuhan standar, kapasitas baterai standar juga sudah cukup.

c. Berat laptop

Selain dimensi, berat laptop juga akan berpengaruh terhadap mobilitas nantinya. Apalagi untuk anda yang banyak membawa buku-buku di dalam tasnya (contohnya seorang dosen atau guru).

d. Perhatikan kapasitas ruang penyimpanan laptop

Di laptop baru sekarang ada dua jenis penyimpanan yang biasa dipakai. Pertama harddisk, kedua SSD.

Untuk SSD, ruang kapasitas penyimpanannya jauh lebih sedikit dibanding harddisk, tapi kecepatan yang diberikan jauh lebih cepat.

Mudahnya, jika anda butuh kapasitas, ambil harddisk. Dan jika anda butuh efisiensi ambil SSD.

Jika anda ingin belajar lebih lanjut tentang dasar-dasar komponen, lebih baik anda membacanya di artikel yang membahas dasar-dasar komponen laptop atau komputer. Anda bisa membacanya disini

4. Anda perlu memperhatikan garansi (penting!)

Garansi tentu saja menjadi hal yang penting bagi seluruh pengguna laptop, termasuk para pekerja.

Untuk laptop, rentang waktu garansinya berbeda-beda tergantung produsen. Yang terpenting, saran saya untuk mengambil laptop dengan garansi resmi. Karena laptop dengan garansi resmi relatif lebih mudah untuk memperbaikinya jika ada kerusakan.

Apalagi merk laptop dengan garansi resmi, service centernya sudah tersebar banyak di daerah-daerah di Indonesia. Sehingga tidak perlu repot mencari tempat servicenya.

5. Bandingkan laptop sesuai dengan budget anda.

Produsen laptop di Indonesia saat ini cukup beragam. Dan produk-produk yang ada pun memiliki rentang harga yang berbeda-beda.

Untuk poin ini, anda cukup memilih merk laptop terbaik untuk kebutuhan pekerjaan anda sesuai budget yang anda miliki.

Bagaimana cara memilihnya? Anda cukup mengingat kembali 4 poin yang telah dibahas sebelumnya untuk pegangan.

6. Pilih toko yang terpercaya (penting!)

Langkah ini jangan sampai dilewatkan. Untuk masalah toko mudah saja. Pilih toko paling terpercaya reputasinya. Jangan mengorbankan harga yang murah untuk masalah reputasi ini.

Dengan memilih toko yang baik reputasinya, anda bisa lebih mudah meng-klaim sesuatu jika terjadi kerusakan, harga yang didapat biasanya tidak terlampau jauh (bahkan bisa lebih murah), dan masih banyak keuntungan lainnya.

Untuk toko yang reputasinya tidak terpercaya, saya sebagai penulis sudah sering melihat kejadian-kejadian dimana orang-orang yang membeli di toko-toko seperti ini, memiliki masalah kerusakan komponen, sampai garansi yang sulit dan memakan waktu yang lama.

Sehingga ujung-ujungnya, laptop yang rusak jadi lama tidak terpakai.

Kalau anda tidak percaya, anda bisa melihatnya di forum-forum besar internet soal pembahasan masalah toko komputer yang tidak terpercaya seperti ini.

7. Memilih sistem operasi yang sesuai

Langkah terakhir, adalah memilih sistem operasi yang sesuai. Sistem operasi pada laptop, biasanya memakai Windows. Dan Windows memiliki versi yang berbeda-beda.

Pada langkah ini, anda bisa menyesuaikan Windows yang dipakai sesuai keinginan, jika memang laptop yang dibeli belum ada sistem operasinya.

Untuk laptop baru sendiri saat ini ada 4 versi Windows yang sering dipakai. Yaitu Windows 7,8,8.1 dan Windows 10. Penggunaan Windows yang salah, bisa mempengaruhi kenyamanan pekerjaan anda.

Jadi silakan sesuaikan dengan kebutuhan.

Penutup

Kebutuhan pekerjaan memang nyaris tidak bisa lepas dari laptop. Apalagi untuk karyawan swasta sampai pekerja di instansi pemerintah yang notabene butuh laptop untuk mendukung pekerjaan mereka.

7 Poin diatas, adalah artikel yang membahas cara memilih kriteria laptop sesuai dengan pekerjaan, tapi tidak dengan kebutuhan sampingannya.

Jika anda memiliki kebutuhan sampingan lain, seperti nge-game sepak bola, atau PES misalnya. Maka anda butuh menyesuaikan budget anda lagi. Apalagi untuk PES 2018 yang jika ingin dimainkan, laptopnya harus berspesifikasi sesuai, atau akan terjadi lag. (Baca cara atasi lag PES 2018 disini)

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

* * *

[ Biodata Penulis ]

Nama : Dzikri Azqiya

Blog : www.leskompi.com

Facebook : facebook.com/atsuya15

* * *

~ Editor ~
Terimakasih kepada Dzkry Azqiya (Guest Post) yang telah mengirimkan Artikel tentang Cara Memilih Laptop Untuk Kerja (Berkualitas + Harga Rendah). Hak Cipta dan tanggung jawab terhadap isi dari artikel ini tetap Kepada Penulis yang Bersangkutan. Jika ingin Karya Tulisan anda seperti cerpen/artikel/pantun/puisi/lain-lain dipajang di blog ini, silahkan pergi KESINI untuk cara dan ketentuannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

About Eka Cahya Gumilar

Halo, Nama saya Eka. saya disini ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya ketahui dan membantu permasalahan setiap orang. Jika ada pertanyaan apapun, saya siap membantu mu :D

loading...

Check Also

Block Koneksi Program dengan Firewall App Bloker

Like Like Love Haha Wow Sad Angry Hallo, saya disini akan menjelaskan bagaimana caranya memblokir …

Leave a Reply