Home / Tutorial Komputer Lainnya / Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Kalau kita diberi pertanyaan, gadget yang banyak dipakai selain smartphone atau tablet, pasti kita akan jawab laptop. Laptop merupakan salah satu perangkat yang banyak sekali dipakai, terutama kalangan pelajar dan pekerja. Sebagai barang elektronik, laptop tidak bisa dihindari dari yang namanya panas.

Laptop panas, bukan hanya menggaggu si pengguna laptop tersebut, tapi juga bisa membuat laptop menjadi lemot. Bahkan membuat resiko kerusakan hardware menjadi jauh lebih tinggi.

Cara mengatasi laptop yang cepat panas

Hal ini disebabkan karena berbeda dengan PC, laptop mempunyai ventilasi yang serta putaran udara yang jauh lebih sedikit dibanding PC. Sehingga jika ada gangguan dari putaran udara tersebut, maka laptop akan jadi lebih panas dari biasanya.

Bagaimana cara mengetahui panas laptop berlebih?

Jika anda merasa laptop anda terasa panas, jangan terburu-buru menyimpulkan bahwa panas tersebut sudah berlebih. Anda bisa cek lewat aplikasi pendeteksi suhu processor, contohnya coretemp.

Setiap processor, punya batas kewajaran panasnya masing-masing, silakan dicari di google tipe processor laptop yang anda gunakan.

Sedangkan untuk penyebab laptop cepat panas atau panas berlebih sendiri biasanya hanya disebabkan karena 2 hal:

Pertama, tertutupnya lubang ventilasi dari laptop.

Lubang ventilasi pada laptop, kebanyakan terletak pada bagian samping atau belakang. Ventilasi yang tertutup,tersumbat atau terganggu, bisa menyebabkan perputaran udara di dalam laptop menjadi tidak normal, sehingga laptop menjadi sangat panas.

Penyumbatan ventilasi, sering ditemui karena tertutup debu. Debu yang terkumpul pada bagian dalam laptop, lama kelamaan akan menggumpal dan pada akhirnya menyumbat lubang ventilasi.

Selain itu, debu juga bisa mengganggu perputaran udara dalam laptop. Dan yang lebih parah, fan pendingin di dalam laptop bisa menjadi tersumbat sehingga jadi tidak berfungsi.

Yang kedua, terjadi kerusakan atau lemahnya fan pada bagian dalam laptop.

Fan pada bagian dalam laptop, fan utama yang sering ditemui adalah fan pendingin processor. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, debu yang menyumbat fan akan membuat fan tidak berfungsi. Lebih jauh lagi, fan yang tidak berfungsi karena tersumbat debu, ketika terus menyala tanpa berputar, lama kelamaan akan jadi panas dan akhirnya tidak berfungsi lagi alias rusak.

Selain kerusakan, lemahnya putaran fan juga bisa menyebabkan laptop menjadi cepat panas. Lemahnya fan seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisa terjadi karena sumbatan debu atau lemahnya fan juga bisa terjadi karena umur fan tersebut sudah tua.

Cara memperbaiki laptop cepat panas atau panas yang berlebih sebenarnya cukup simpel, cara yang pertama tentu dengan membersihkan pada bagian dalam laptopnya. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan debu-debu yang ada pada bagian dalam laptop. Tapi tentu tidak semua orang bisa mempunyai pengetahuan dan bisa membongkar laptop sembarangan.

Apalagi mengingat mahalnya harga laptop. Jika rusak akan sangat merepotkan.

Nah, dibawah ini saya akan membahas 2 cara memperbaiki laptop yang cepat panas dan cara memperbaiki laptop panas berlebih.

1. Membersihkan laptop dengan vacuum cleaner dan kompresor.

Pertama, anda harus siapkan sebuah vacuum cleaner dan sebuah kompresor cat. 2 barang ini saat ini sudah cukup banyak dimiliki oleh banyak orang.

Cara membersihkannya, cukup dengan menyedot ke bagian ventilasinya. Otomatis, debu yang terkumpul akan hilang tersedot. Belum selesai, semprot bagian dalam laptop dengan kompresor pada bagian ventilasi laptop. Kompresor cat mempunyai tekanan udara yang tinggi.

Debu yang menggumpal di dalam laptop akan terurai sehingga bisa disedot kembali oleh vacum cleaner. Lakukan langkah ini berulang-ulang sampai bagian dalam laptop dirasa sudah bersih.

2. Mengganti fan processor yang rusak.

Jika sudah melakukan langkah-langkah pada poin satu, harusnya panas berlebih pada laptop sudah berkurang. Jika dirasa masih sama, ada kemungkinan masalahnya ada pada bagian fan processor laptop tersebut.

Cara memperbaikinya mau tidak mau harus dibongkar. Cara termudah, anda bisa meminta untuk menggantinya kepada teman, atau juga kepada tukang servis yang terpercaya.

2 Poin diatas semoga bisa mengatasi laptop dengan panas yang berlebih. Tapi 2 poin diatas akan menjadi tidak berguna, apabila anda tidak melakukan 3 hal berikut:

1. Jangan menggunakan laptop pada kondisi lubang ventilasi laptop tertutup.

Pernah mendengar pendapat untuk hanya menggunakan laptop pada permukaan yang rata? Hal ini bukan tanpa alasan, memakai laptop pada permukaan yang rata, dimaksudkan agar ventilasi pada laptop tidak terhalang oleh apapun. Karena ventilasi laptop, didesain bekerja pada permukaan yang rata.

Memakai laptop di kasur tanpa alas, adalah salah satu contoh penggunaan laptop pada permukaan yang tidak rata.

2. Rutin membersihkan laptop.

2 langkah membersihkan laptop sebelumnya, harus dilakukan secara berkala agar debu tidak menumpuk kembali. Untuk jangka waktunya tidak pasti. Tapi jika dirasa sudah mengalami cepat panas atau panas berlebih, anda bisa membersihkannya kembali.

3. Memakai aksesoris pendingin laptop.

Salah satu aksesoris pendingin laptop yaitu cooling pad. Sebenarnya masih pro kontra penggunaan cooling pad untuk membantu pendinginan laptop. Tapi satu hal yang pasti, ada sebuah aksesoris kipas yang bisa digunakan pada ventilasi laptop. Aksesoris ini lumayan efektif untuk membuang panas pada bagian dalam laptop sehingga perputaran udara panas menjadi lebih lancar.

Sekian, semoga tips-tips diatas bisa membantu anda untuk mengatasi laptop anda yang cepat panas atau mengalami panas berlebih. Sedikit info, jangan memakai laptop dengan cara dipangku, hal ini bisa menyebabkan penyakit kulit. Pakai laptop di tempat lain, seperti meja,alas kayu atau tempat lainnya. Terima kasih dan semoga membantu

* * *

[ Biodata Penulis ]

Nama: Dzkry Azqiya

Email: Frezon21@gmail.com

Blog: http://leskompi.blogspot.com

Facebook: https://www.facebook.com/infferz

* *

~ Editor ~
Terimakasih kepada Dzkry Azqiya (Guest Post) yang telah mengirimkan Artikel tentang Cara mengatasi laptop yang cepat panas. Hak Cipta Tetap Kepada Penulis yang Bersangkutan. Jika ingin Karya Tulisan anda seperti cerpen/artikel/pantun/puisi/lain-lain dipajang di blog ini, silahkan pergi KESINI untuk cara dan ketentuannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

About Eka Cahya Gumilar

Halo, Nama saya Eka. saya disini ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya ketahui dan membantu permasalahan setiap orang. Jika ada pertanyaan apapun, saya siap membantu mu :D

loading...

Check Also

Block Koneksi Program dengan Firewall App Bloker

Like Like Love Haha Wow Sad Angry Hallo, saya disini akan menjelaskan bagaimana caranya memblokir …

Leave a Reply