Wednesday , November 22 2017
Home / Al-Qur'an / AL-QUR'AN: Bumi Terhampar dalam penjelasan Alquran

AL-QUR'AN: Bumi Terhampar dalam penjelasan Alquran

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Al-Qur’an adalah Pedoman bagi umat islam. didalam Al Qur’an terdapat sebuah ilmu pengetahuan yang belum diketahui dan dipastikan oleh manusia salah satunya yaitu pengetahuan tentang Bumi. menurut manusia bumi itu bulat namun Didalam alquran ternyata bumi itu Terhampar. berikut ini surat yang menjelaskan tentang bumi itu terhampar

1. Surat Al-Hijr Ayat 19

وَالْأَرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَوْزُونٍ

” Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran ” (Q.S Al-Hijr:19)

2. Surat An-Naba Ayat 6

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا

” Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? ” (Q.S An-naba:6)

3. Al-Ghasyiyah Ayat 20

وَإِلَى الْأَرْضِ كَيْفَ سُطِحَتْ

” Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? ” (Q.S Al-Ghasyiyah: 20)

4. Surat Qaf Ayat 7

وَالْأَرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ

” Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,” (Q.S Qaf : 7)

5. Surat Al-Baqarah Ayat 22

الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الأرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

” Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui ” (Q.S Al-Baqarah: 22)

hanya itu saja beberapa penjelasan bumi terhampar di dalam Alquran. mungkin masih banyak. jadi jika anda tahu surat apa saja silahkan cantumkan di komentar agar saya bisa menambahkan ayat Alquran tersebut
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

About Eka Cahya Gumilar

Halo, Nama saya Eka. saya disini ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman yang saya ketahui dan membantu permasalahan setiap orang. Jika ada pertanyaan apapun, saya siap membantu mu :D

10 comments

  1. yang pastinya, ternyata bumi itu tercipta melalui proses-proses ya mas

  2. Subhanallah, bertambah lagi pengetahuan saya Mas tentang Bumi…

  3. surat Al-Anbiya (surat ke-21) ayat 30 disebutkan:
    “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

    Dan surat Qaf (surat ke-50) ayat 58 yang artinya:
    “Dan sesungguhnya telah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami sedikit pun tidak ditimpa keletihan”

    bila saya keliru mohon untuk di perbaiki saudaraku terimakasih

  4. Subhanallah Segala puji Bagi-Mu Sang Pencipta Langi dan Bumi

  5. pinter tafsir juga yah mas eka..

  6. semua tentang bumi sebenarnya sudah dijelaskan dalam alquran, termasuk bumi sebagai tempat hidup untuk belajar dan bekal akhirat…itulah kehebatan alquran ya gan, menjelaskan yang selama ini tidak pernah diketahui manusia sebelumnya mengenai bumi dan isinya.

  7. subhanalloh, alquran memang lengkap. menjelaskan berbagai hal gaib yang nggak bisa dibayangkan sama otak manusia

  8. Assalamu'alaikum.
    Dihamparkan mengandung arti sesuatu yang tadinya teronggok atau terlipat atau tergulung kemudian ditebarkan menutupi profil lahan yang ada. Misalnya orang menghamparkan padi untuk dijemur, atau orang menghamparkan tikar untuk duduk, dan sebagainya.
    Ard bisa diartikan sebagai bumi dan bisa diartikan sebagai tanah. Kalau dalam kaitan dengan hal ini lalu ard diartikan sebagai bumi atau dunia jelas akan keliru, tetapi jika diartikan sebagai tanah maka ayat2 tersebut menjelaskan banyak hal.
    Ayat2 tersebut menjelaskan bagaimana proses sedimentasi, dari yang tadinya tanah atau batu yang teronggok berupa bukit atau gunung lalu melapuk, tererosi dan disebarkan ke permukaan bumi melalui perantara air atau angin sehingga terhampar.
    Penghamparan "ard" tersebut juga merupakan kunci didalam bagaimana manusia bisa mengeksplorasi mineral sedimenter seperti batubara, gas, minyak bumi, dll.
    Ayat2 tersebut merupakan kunci bagi ilmu geologi, terlebih jika digabung dengan QS: An Naml 88.

    Demikian yang bisa saya sampaikan. Wassalam

Leave a Reply