Judi

6 Tips Memilih Template Blog By Kukuh Niam A

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11

6 Tips Memilih Template Blog
(Kukuh Niam A)

Ada yang bilang, ganti-ganti template blog bukanlah hal yang bagus. Kok gitu?
Karena sering mengganti template blog dapat menyebabkan trafik blog bisa turun.
Sayangnya, ini sering dilakukan oleh para blogger baru alias pemula.
Alasannya rata-rata standar, kurang puas dengan templatenya.
Padahal, yang seperti itu seharusnya tidak boleh dilakukan.

Mengapa?
Karena memilih template merupakan satu hal yang sakral untuk blogger.
Jadi, harus benar-benar dipilih yang pas di awal.
Ibarat cinta pertama, ya ditentukan satu itu saja. Jangan sampai mendua di tengah jalan.
Sebenarnya, blogger sudah menyediakan template default. Sayang, tampilan dan performanya kurang mendukung.
Jadi, sebagai alternatif, ada tiga pilihan macam template yang bisa kita pakai.

1. Memakai template gratisan yang banyak beredaran di search engine
2. Membeli template premium
3. Membuat template sendiri

Jika ada yang ingin membuat template sendiri bisa baca Panduan Membuat Template Blog Sendiri
Untuk yang ingin memakai template buatan orang lain baik itu gratis maupun versi premium, sudah banyak pilihannya yang beredaran di search engine.

Tapi…. semakin banyak pilihan akan membuat kita semakin bingung dalam memilih template blog yang paling sesuai.

Sebagai pertimbangan agar mempermudah dalam pemilihan template blog, saya akan membantu memberikan kriteria yang tepat untuk pemilihan template blog.

1. Kesesuaian Dengan Tema Blog


Template yang sobat pilih harus sesuai dengan tema blog. Contohnya, jika blog sobat berisikan tentang hasil desain grafis atau fotografi mungkin akan lebih cocok menggunakan template yang lebih banyak menampilkan gambar daripada tulisan. Seperti template blog versi grid.

2. Tampilan Template


Maksud dari tampilan template ini adalah kombinasi warna tulisan dan susunan tata letaknya. Jangan menggunakan warna yang terlalu mencolok atau kontras, karena itu dapat mengganggu pandangan pengunjung blog sobat. Bahkan, banyak website-website terkenal yang tidak menggunakan banyak kombinasi warna dan bukan warna-warna yang mencolok. Contoh saja Facebook dan Youtube. Facebook menggunakan kombinasi warna biru dan putih sementara youtube menggunakan kombinasi warna merah dan putih. Dan tampilannya terbukti sukses tetap kelihatan menarik. Dan sepertinya, warna dasar merah dan biru cukup populer digunakan oleh website-website terkenal lainnya. Mungkin warna tersebut bisa jadi pertimbangan sobat?

Jenis font dan ukurannya juga merupakan satu hal yang penting. Sebab, artikel yang enak dibaca selain dipengaruhi kualitas tulisannya juga dipengaruhi oleh jenis font dan ukuran yang menarik serta bersahabat dengan mata pengunjung.
Saat ini banyak sekali yang menggunakan font dari Google Font agar blognya semakin terlihat cantik.

Asal sobat tahu, saat ini banyak sekali blogger yang menggunakan tampilan blog yang tidak rumit. Sepertinya, tampilan simple memang terlihat lebih menarik dan tidak membuat bosan.

3. Template Responsive


Sobat sudah tahu apa maksudnya template responsive? Tentu sudah bukan?

Saat ini, dunia mobile atau ponsel semakin berkembang pesat. Apalagi saat smartphone semakin populer. Jadi, untuk mengakses internet tidak perlu harus membuka komputer atau laptop. Dimanapun dan kapanpun sudah bisa mengakses internet dengan ponsel. Termasuk mengakses konten blog sobat.
Apa jadinya jika seseorang mengakses konten blog sobat melalui ponsel tapi tampilannya jadi berantakan. 

Sobat pasti tahu ukuran layar ponsel tidak sebesar layar laptop atau komputer. Sementara umumnya, tampilan blog sobat secara default sering diatur sesuai dengan tampilan dekstop.
Maka, agar tidak berantakan tampilan template blog harus dilakukan penyesuaian agar pada tampilan ponsel bisa sesuai dan tetap menarik untuk dilihat.

Untuk melakukan pengecekan apakah templatenya responsive atau tidak sobat bisa memeriksanya pada tool online ami.responsivedesign.is

4. Kecepatan Loading Blog


Mengingat Indonesia merupakan negara dengan kecepatan internet yang masih masuk kategori bawah di dunia. Sepertinya, kecepatan loading blog sobat harus diperhatikan. Kalau tidak, belum sempat membaca calon pengunjung blog sobat sudah langsung kabur sebelum sempat membaca.
Untuk menguji kecepatan loading template blog yang akan dipilih, bisa diuji melalui PageSpeed Insights ataupun Gtmetrix.com
Dilema yang sering dihadapi, sering kita menemukan template dengan fitur yang menarik dan lengkap tapi loading blognya lambat. Tapi tenang, sobat tidak perlu buru-buru mengganti pilihan template. Coba saja perbaiki kecepatan loading blognya dengan mengikuti 15 Cara Mempercepat Loading Blog.

5. Optimasi SEO


Salah satu pendukung SEO adalah template blog yang sudah dioptimasi. Seperti pemasangan meta tag dan title tag yang SEO Friendly. Selain itu pengaturan Alt Image dan Heading juga mempengaruhi SEO.
Sobat bisa memeriksa nilai SEO template blog melalui chkme.com

Tapi, sobat juga harus tahu. Itu hanya untuk mendukung, tapi optimasi sebenarnya tergantung dengan optimasi manual yang sobat lakukan. Seperti pembuatan artikel yang berkualitas dan penanaman backlink berkualitas.

6. Valid HTML


Sebenarnya ini tentang validasi struktur kode template yang digunakan.
Jika dibilang penting, sebenarnya tidak juga.
Mengapa tidak penting? Karena sepertinya tidak ada pembaca blog yang menyempatkan waktu untuk memeriksa error validasi blognya. Benar nggak?
Tapi ini tetap bisa dijadikan pertimbangan. Sebab, eror HTML bisa jadi berkaitan dengan loading blog serta Optimasi SEO karena sama-sama melibatkan struktur kode template.
Sobat bisa melakukan pemeriksaan pada validator.w3.org

Itulah 6 Cara Memilih Template Blog yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sobat.

***

Penulis: Kukuh Niam A.

**

~ Editor ~
Terimakasih kepada Kukuh Niam A. (Guest Post) yang telah mengirimkan Artikelnya. Hak Cipta Tetap Kepada Penulis yang Bersangkutan. Jika ingin karya anda seperti cerpen/artikel/pantun/puisi/lain-lain dipajang di blog ini, silahkan pergi KESINI untuk cara dan ketentuannya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
Agen

Leave a Reply